PESUGIHAN DENGAN SILATURRAHIM JALIN LEBIH ERAT

PESUGIHAN DENGAN SILATURRAHIM JALIN LEBIH ERAT - Ada banyak cara yang di ajarkan dalam islam untuk Menarik dan mendatangkan rezeki bisa juga dengan Menyumbang harta pada orang yang menuntut ilmu atau dengan mempererat jalinan silaturrahim ada juga yang menganjurkan dengan memperbanyak Dzikir Shalawat. Banyak sekali dalil-dalil syar’i yang menjelaskan bahwa silaturrahim itu termasuk cara mendatang rezeki, uang dan kekayaan melimpah.

pesugihan islami, keajaiban silaturrahim

Arti Kata Silaturrahim
Kata Silatun dalam bahasa arab Shilatun artinya menyambung sementara Kata “Ar-Rahim” dari segi bahasa memiliki arti sanak saudara. Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata : kata Rahim dengan ra’ di fathah ha’ di kasrah adalah diartikan dengan sanak saudara, mereka itu ada hubungan nasab dengan seorang yang baik dapat mempusakai harta warisan daripadanya atau tidak, baik mereka itu muhrimnya atau tidak.
dikatakan juga, bahwa mereka itu adalah khusus muhrim saja. Namun pendapat yang pertama itu lebih kuat. karena menurut pendapat yang kedua ini, berarti mengecualikan anak-anak paman dan anak-anak bibi padahal sebenarnya tidak demikian. (Fathul Bari, X/414).
adapun silaturrahim menurut Mulla Ali Qari, artinya berbuat baik kepada sanak saudara baik karena ada hubungan nasab atau tidak, yakni berbuat baik kepada mereka yang menjaga keadaannya. (Mirqatul Mafatih, VIII/645).

beberapa Dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Silaturrahim merupakan terapi atau cara untuk mendatangkan rezeki
ada banyak hadits dan atsar yang menunjukkan bahwasanya Allah SWT telah menjadikan silaturrahim itu sebagai salah satu terapi mendatangkan rezeki, dengan kata lain dapat melapangkan rezeki, antara lain sebagai berikut:
Imam Al-Bukhari telah meriwayatkan dari Abu Hanifah ra, dia berkata : Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: Man sarrahu an yubsatho lahu fii rizqihi wa an yunsaa lahu fii atsarihi fal yashil rahimahu. “Barang siapa ingin di lapangkan rezekinya dan di lambatkan ajalnya maka hendaklah ia menyambung ikatan keluarga/sanak saudaranya.” (HSR. Bukhari)
selain itu Imam Bukhari telah meriwayatkan dari Anas bin Malik ra bahwa sesungguhnya Rasulullah saw telah bersabda: Man sarrahu an yubsatho lahu fii rizqihi wa an yunsaa lahu fii atsarihi fal yashil rahimahu. “Barang siapa ingin di lapangkan rezekinya dan di lambatkan ajalnya maka hendaklah ia menyambung ikatan keluarga/sanak saudaranya.” (HSR. Bukhari)
dalam dua hadits di atas Nabi saw telah menerangkan bahwa dalam silaturrahim ada dua keuntungan, melapangkan rezeki dan memanjangkan usia.
ini merupakan sebuah kabar gembira yang telah disampaikan oleh baginda Nabi saw. barangsiapa menginginkan dua keuntungan tersebut hendaknya ia menjalankan syaratnya yaitu menhubungi sanak saudaranya/bersilaturrahim. bahkan Imam Bukhari mencantumkan hadits-hadits tersebut dalam “Babu Man Bushita lahu Fir Rizqi Silaturrahimi” Bab orang-orang yang dilapangkan rezekinya karena silaturrahim yakni dengan sebab menyambung sanak saudara (Umdatul Qari’, XXII/91)
Imam Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim juga telah meriwayatkan dari Abu Hurairah ra dari Nabi saw Beliau bersabda: “Ta’allamuu min ansaabikum maa tashiluuna bihi arhaamakum fainna shilatarrahimi mahabbatun fil ahli matsraatun fil maali mansaatun fil ‘umuri” Beritahukan pada nasab keturunanmu sesuatu yang dapat menyambung saudaramu, sesungguhnya menyambung sanak saudara / silaturrahim itu menimbulkan cinta dalam keluarga, melimpahkan harta benda dan menambah usia. (Al-Musnad, hadits nomor 8855, XVII/42)
Dalam hadits di atas Nabi menegaskan bahwa silaturrahim itu memiliki 3 keuntungan dan yang kedua diantaranya adalah dapat menambahkan harta benda.
Imam Abdullah bin Ahmad, Al-Bazzar dan Ath-Thabrani telah meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ra. dari Nabi SAW. beliau bersabda : Man sarrahu an yumadda lahu fii ‘umrihi wa yuwassa’u fii rizqihi wa yudfa’u ‘anhu maitatus suu’i fal yattaqillaha wal yashil rahimahu ” Barangsiapa ingin dipanjangkan umurnya dilapangkan rezekinya dan dihindarkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah dia bertaqwa kepada Allah dan bersilaturrahim”.
Imam Al-Bukhari telah meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra dia berkata, ” Barangsiapa takut kepada Tuhannya dan menyambung silaturrahim maka Allah SWT akan memanjangkan usianya menambahkan hartanya dan di cintai keluarganya “.
begitu banyak hadits yang menerangkan tentang keuntungan silaturrahim, sebagaimana Imam ibnu Hibban telah meriwayatkan dari Abu bakar ra. dari Nabi SAW beliau bersabda :
“Inna A’jalath Tha’ati tsawaaban shilaturrahimi hatta inna ahla baitin layakuunuu fajaratan fatanmuu amwaaluhum wa yaktsuru ‘adaduhum idzaa tawashaluu wamaa min ahli baitin yatawashaluuna fayahtaajuuna” ketaatan yang paling cepat pahalanya adalah silaturrahim sehingga meskipun para ahli keluarga itu adalah orang-orang jahat maka harta mereka akan melimpah dan jumlah mereka akan bertambah manakala mereka saling menghubungi/menyambung dan tidak ada ahli keluarga yang saling menghubungi itu kemudian melarat.

Mewujudkan Silaturrahim
sementara orang menganggap bahwa menyambung sanak saudara itu dengan harta benda sungguh itu anggapan yang terlalu sempit. sebenarnya silaturrahim adalah mencakup setiap setiap usaha menyampaikan kebaikan kepada sanak keluarga dan menjauhkan keburukan daripada mereka baik dengan harta benda maupun lainnya. Imam Ibnu Abi Jamrah berkata, “Menghubungi sanak saudara (Silaturrahim) itu bisa dengan harta, membantu kemiskinan, menghindarkan bahaya, bermanis muka dan bisa juga dengan bentuk doa.”
Bahkan silaturrahim bisa diartikan lebih luas lagi yaitu menyumbangkan kebaikan dan menghindarkan keburukan sesuai dengan kemampuan (Tuhfatuh Al-Ahwadzi, VI/30).
Cara Order Produk
✔️ Pilih produk yang mau di pesan
✔️ Tentukan jumlah order
✔️ Tulis Nama
✔️ Alamat

Contoh: Nama Produk, jumlah order, Nama, Alamat
Kirim ke: wa. 085853547527

Order Sekarang! klik tombol di bawah

WhatsApp Telegram
Buka Komentar

Posting Komentar untuk "PESUGIHAN DENGAN SILATURRAHIM JALIN LEBIH ERAT"